perjuangan mencari ptn
hai para pejuang ptn atau orang yang sekedar mampir. makasih udah luangin waktu buat baca blog gue yang ga penting ini wkwk.
Hari ini gue mau berbagi cerita tentang perjuangan gue mencari jodoh gue. eh maksudnya mencari perguruan tinggi negri wkwk.
waktu gue kelas 1 SMA, gue ga pernah ngerti sama yang namanya kimia. kayaknya tuh pelajaran masih asing di otak gue. setau gue pas gue smp, kimia itu cuma belajar tentang pengawet makanan tuh apa aja,pewarna tuh apa aja,senyawa apa aja yang ada di sabun ama sampo. udah gitu aja yang gue tau selebihnya masih buta dan gatau apa-apa tentang kimia. alhasil nilai kimia gue pas kelas 10 ya pas-pas'an alias ga pernah diatas 8 malah sering remed pula wkwk. mungkin karena gurunya kurang greget kali ya ngajarnya. wajar aja sih umurnya udah 50+.
tapi ketidaksukaan gue terhadap kimia berubah drastis semenjak gue kelas 11.
semua itu berawal dari mama gue tercinta yang ngelesin gue di kak metta. kak metta keren sih menurut gue. keren bangen cara ngajarnya. dia bener-bener ngerubah pandangan gue terhadap kimia. yang awalnya gatau apa-apa jadi tau banyak hal lah mengenai kimia. setiap dia ngajarin tuh dia selalu ngasih gambaran tentang materi yang dia jelasin. dan gambarannya itu pengalaman dia pribadi. jadi tambah ngerti dah diajarin dia. dan setelah gue diajarin dia kini gue jadi bisa kimia malah di kelas gue yang paling bisa *ini bukan mau sombong atau promosi ka metta yaa teman-teman wkwkwk*
nahh semenjak itu cita-cita gue yang tadinya pingin masuk stan berubah jadi pingin masuk jurusan yang kekimia-kimia'an. bokap nyaranin tekim aja tapi pas gue cari info tentang jurusan tekim kok malah lebih banyak belajar fisika ama mtk. gue juga suka sih kedua pelajaran itu, tapi gue maunya kuliah memperdalam kimia. setelah gue cari info ternyata gue interest sama jurusan kimia murni. emang sih prospek kerja ga sebagus tekim tapi jurusan itu cocok sama gue yang pingin memperdalam kimia. karna disitu kita bener-bener belajar kimia sampe dalem-dalemnya. gue pingin jadi dosen. gue pingin menciptakan kader-kader professional yang nantinya bisa harumin nama tanah air. Biarpun gaji ga seberapa tapi gue seneng aja gitu kalo orang yang gue ajarin itu bisa sukses.
di kelas 3 gue dapet guru kimia yang killer. sebut saja bu e**y. biarpun killer tapi dia guru kimia terbaik di sekolah gue. cara ngajarnya kayak dosen. tugasnya kayak dosen. bikin laporan harus tulis tangan dan garis tepi. dan ga boleh sama. alhasil gabisa nyontek mbah google dan harus merangkai kata sendiri.
tapi dia ngajarin gue yang manja ini apa arti dari mandiri. nyari materi sendiri,bikin ppt tiap pertemuan dan presentasi sendiri. ulangan tiap minggu. dan masih banyak lah kenangan sama bu elly. *lah sebut nama wkwk semoga ga bicara orangnya*
secara ga langsung dia udah ngajarin kita buat jadi pramahasiswa. salute deh ama bu guru ku yang satu ini.
dia menambah minat dan memperkuat tekad gue untuk ngambil jurusan kimia. gue masih inget tuh kata-katanya
"kamu harus cari tempat kuliah yang disana kamu jadi ratunya. Ibarat rumput. jadilah rumput yang paling hijau."
dari situ gue mikir. bener juga kata beliau. kalo kita ada di ptn yang terbaik tapi disana kita bukan jadi yang terbaik ya kita bakal rugi. toh perusahaan-perusahaan sukanya sama lulusan terbaik. tapi karena ego gue tinggi. gue tetep milih ptn yang gue mau. tanpa takut resikonya. iya gue kekeuh mau di ugm titik ga pake koma.
dan perjuangan gue dimulai....
1. Jalur rapot (SNMPTN)
gue yakin ga yakin ama ni jalur. masalahnya guru kimia kelas 12 gamau naikin nilai gue dikiiiitt aja. seenggaknya setara ama nilai gue kemaren. padahal gue udah belajar mati-matian di kelas 3 ini. jadi ketua kelompok mulu.selalu aktif pas kegiatan tanya jawab,gue udah pasang muka kalem terbaik gue juga wkwk. tapi tetep aja beliau ga ngeliat potensi gue dan cuma peduli sama potensi temen gue yang udah dia kenal dari kelas 10. okey okey gapapa kok aku kuat wkwk :)
tapi gue tetep nekat dan kekeuh dengan pilihan gue. kimia ugm.
dan waktu pengumuman.....gue......belum lolos.
okeyy gapapa masih banyak jalur lain yang menanti. gue ga nangis atau sedih. soalnya gue udah punya firasat wkwk.
2. SBMPTN
gue belajar tiap hari di tempat les. sebut saja namanya sg. disana tentor kayak temen sendiri. seru lah mengurangi stress menjelang sbmptn wkwk. gue udah belajar soal 5 tahun terakhir dan ketika hari-H sbmptn. SOALNYA DILUAR EKSPETASI. kenapa gue bilang gitu? karena soalnya levelnya tingkat dewi kayangan alias SUSAH BANGET :) malah kimianya susah juga. padahal 5 tahun kemaren soal kimia gue bisa jawab semuanya. ya sudahlah angkatan 98 memang penuh dengan cobaan :) mulai dari kurikulum baru,un dengan paket bejibun dll. kami angkatan 98 sudah terbiasa dijadikan kelinci kok :)
gue ga yakin sama jawaban yang gue isi tadi. tapi gue pede aja lah namanya juga untung-untungan kann.
pilihan gue : kimia ugm,kimia uns,pendidikan kimia upi.
pas pengumuman tiba. hmm belum rejeki lagi alias belum lolos.
yaudahlah gapapa mungin bukan jodohnya disitu kann. gue sempet nangis sekali dan udah abis itu gue tabah. karena kalau Allah SWT bilang itu bukan jodoh kita. ya kita bisa apa selain bertawakal kepadanya? *eaaa wkwk
3. SM-UNS
setelah bangkit dari keterpurukan gue langsung daftar berbagai ujian mandiri. pilih an pertama gue jatuh kepada UNS. gue sempet ditolak sama uns pas jalur sbm tapi gue pingin nyoba lagi namanya juga untung-untungan kan. gue langsung daftar dan bayar 100.000.
jalur ini gaada tes. nilai diambil dari skor sbmptn yg telah menolak gue :)
tapi nasib berkata lain. gue belum lolos lagi. okey gapapa. masih ada ujian mandiri yang lain
4. STAN
gue daftar ini karena paksaan dari mama dan papa. stan emang sempet ada di hati gue. tapi sekarang udah bukan lagi. karena gue sadar kalo dia bukan passion gue wkwk
dan akhirnya gue daftar h-1 menjelang tutupnya pendaftaran.
gue tes mtk dan bahasa inggris. mtknya gampang. kayak soal tpa. b.ing behhh mayan dah soalnya kayak toefl gitu. dan setelah pengumuman ternyata gue belum lolos.
padahal soal ga terlalu susah tapi yaudah lah bukan rejeki wkwk
5. UNJ
kampus ini cocok nih ama gue yang pingin jadi dosen. karena kampus ini banyak mencetak lulusan yang kompeten dalam bidang pendidikan. like dosen. gue search soal di mbah google dan akhirnya dapet soal tahun 2011-2012-2015 gue langsung kerjain dan menurut gue ga susah. dan untungnya gaada sistem minus. huftt semoga gue diterima disini :') pengumuman tanggal 9 agustus guys. doain gue.
pilihan gue : kimia,pendidikan kimia
6. UMBPT-UNTIRTA
gue sebenernya kurang minat ama kampus ini. tapi mama dan papa meyakinkan gue kalo gaada salahnya untuk coba. yaudah gue coba. soalnay keren menurut gue. karena ga dikelompokin bedasarkan pelajaran tapi judul besar. biasanya kan mtk dulu nih berapa soal trus kimia berapa soal dst. nah ini dikelompokin. misalnya analisis kimia. nah disitu ada soal fisika,mtk,dan kimia yang berhubungan dengan analisis kimia. gue isi aja disetiap judul. takutnya ada sistem nilai mati gitu. gue tes di UTCC. dan gaenak banget cuma disediin bangku tanpa meja. jadi abis selesai tes disitu leher gue pegel-pegel guys :(
dan waktu pengumuman..
gue lolos di jurusan pendidikan kimia. okey ga melenceng dari cita-cita sih tapi sayang banget ni jurusan belom ada akreditasi jadi gue ga yakin mau ngambil disini atau enggak. seenggaknya gue udah punya cadangan lah.
7. POLITEKNIK AKADEMI KIMIA ANALISIS BOGOR
gue baru tau ada kampus yang khusus kimia. betapa senengnya gue waktu tau ada kampus kayak gini. tapi sayangnya udah jalur terakhir alias gelombang 2. tapi gue tetep daftar disini. daftarnya murah meriah cuma 100.000 aja. terus pas gue tes tuh kimianya gue bisa 90% dan bahasa inggrisnya 70% tapi tpa yang sinonim,antonim gue ga ngerti semua wkwk. yaudahlah pede aja. minimal kimianya gue udah bisa.
dan nasib kembali berkata lain. hari ini gue buka pengumuman dan gaada nama gue :) sedih sih tapi yaudahlah gapapa bukan jodoh berarti. gue belom lolos
gue milihnya : analisis kimia,supervisor penjaminan mutu dan pangan
8. IPB DIPLOMA
gue baru tau ada jalur kayak gini di ipb dari temen gue. alms. terus kata mama daftar aja. yaudah gue daftar. dan alhamdulillah ada jurusan yang gue suka "kimia analis"
gue sedih karena gaada tes kimia. tesnya itu mtk,b.indo,b.inggris
tesnya nanti tanggal 7. doain gue yaa semuanya :')
9. AKMET
gue tau ada akmet dari grup angkatan. tapi ga tertarik karena gaada kimia. yaudah gue lewatin gitu aja. dan pas papa pulang kantor. papa langsung bilang. "kamu harus daftar di akmet. gratis tau kuliahnya kamu nanti bisa jadi pejabat" ga minat jadi pejabat :( tapi gue gabisa lawan orang tua gue. dan gue akhirnya daftar disini. pas pengumuman administrasi gue lolos. dan bakal tes tulis nanti tgl 14 agustus.
yaaaaa itu tadi perjuangan gue yang belum selesai. nanti gue baal cerita lagi sama kalian. gue cuma nyaranin aja buat adek kelas tercinta. angkatan 2017 dst terutama yang ciwi ciwi.
jangan egois. kalo sekolah lo belom ada record di ptn yg lo pilih lebih baik jangan milih disitu. pilih ptn yang banyak alumninya dari sekolah lo. alumni itu berpengaruh ya. jangan kekeuh milih ui aja atau ugm aja atau itb aja. karena lo bisa sukses kok tanpa lo kuliah disana.
kesuksesan bukan bedasarkan dari tempat kuliah jadi jangan egois sebelum menyesal kayak gue :)
terakhir restu orang tua itu dibutuhin banget. karen abisa jadi lo gagal karena ortu ga ngerestuin lo disitu.
okeyyy aku pamit. selamat bertemu di post aku berikutnya.
tetep semangat ya semuanyaa. JANGAN PANTANG MENYERAH!
putrii nulisnya pas ulang tahun akuuuu
ReplyDeleteHbd bucil wkwk
Delete